Pengaruh Viral Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cw Coffee di Kota Pontianak
Keywords:
Viral Marketing,Brand Image, Keputusan PembelianAbstract
Persaingan di dunia industri kuliner yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis saling berkompetisi dalam menerapkan strategi bisnis agar dapat terus bersaing di pasaran. Perusahaan Cw coffee telah sukses dengan inovasi dan strategi pemasaran yang efektif. Cw coffee telah mencapai popularitas yang signifikan dengan strategi pemasaran yang mengutamakan pemanfaatan media sosial melalui viral marketing dan brand image yang kuat. Fenomena ini menunjukkan minat yang besar dari masyarakat, terutama di kalangan muda yang gemar dengan coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian pada Cw coffee di kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah bentuk penelitian asosiatif (kausal) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Cw coffee di kota Pontianak. Sementara sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 responden menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner berupa google form. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan media pengolahan data penelitian yaitu dengan penggunaan Statistical Product & Service Solution (SPSS) dengan penggunaan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 24 program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (2) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Viral Marketing, Brand Image, Keputusan Pembelian.