Pengaruh Pemasaran Digital dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kopi Lokale Cabang Siantan
Keywords:
pemasaran digital, brand awareness, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel digunakan dalam penelitian ini yaitu pemasaran digital dan brand awareness sebaagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemasaran digital dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen kopi lokale pada cabang siantan. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 100 responden menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purpose sampling dengan kriteria responden, konsumen yang sudah pernah melakukan pembeelian produk di kedai Lokale secara online maupun offline konsumen merupakan pengguna media sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berupa Google Form. Metode analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda yang diolah dengan alat bantu aplikasi Statistical Product & Service Solution (SPSS) versi 26. Berdasarkan pengujian hipotesis pertama (1) disimpulkan bahwa pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujiann hipotesis kedua (2) menunjukkan bahwa brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.