Pengaruh Brand Image dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mixue (Studi Pada Konsumen Mixue)
Keywords:
Brand Image, Viral Marketing, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu brand image dan viral marketing sebagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand image dan viral marketing terhadap keputusan pembelian Mixue. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Mixue. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 300 responden menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan kriteria responden merupakan individu atau konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian produk di gerai Mixue secara online maupun offline dan konsumen merupakan pengguna media sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berupa Google Form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda yang diolah dengan alat bantu aplikasi Statistical Product & Service Solution (SPSS) versi 27. Berdasarkan pengujian hipotesis pertama (1) disimpulkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian hipotesis kedua (2) menunjukkan bahwa viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: brand image, viral marketing, keputusan pembelian


